Selasa, 06 September 2011

Instalasi Listrik





 

  • Saklar   
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan listrik arus kuat,saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah.  



  • Cara Kerja Saklar
Dalam gambar-1 terlihat sebuah lampu dan saklar terhubung bersama ke kabel distribusi listrik utama. Bila Saklar di ON kan maka akan ada aliran listrik dari sumber listrik ke lampu melalui saklar, sehingga lampu akan menyala.


  • Sekering

Sekering adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.  



  • Cara Kerja Sekering  
Cara kerjanya apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau terjadi hubungan arus pendek, maka secara otomatis sekering tersebut akan memutuskan aliran listrik dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain. 

  • Stop Kontak
Kotak kontak sering disebut juga sebagai stop kontak. Fungsi stop kontak ini adalah sebagai tempat tegangan listrik, artinya diperalatan ini telah tersedia tegangan listrik yang sewaktu-waktu dapat kita gunakan. 





  •  Cara Kerja Stop Kontak
Ketika kita mencolokkan steker ke stop kontak maka terjadi aliran listrik dari stop kontak ke tusuk kontak yang terdapat pada steker.Maka mengalirlah arus listrik sehingga peralatan listrik bisa digunakan


  • MCB
Alat pengaman arus lebih adalah pemutus sirkit mini yang selanjutnya disebut MCB. MCB ini memproteksi arus lebih yang disebabkan terjadinya beban lebih dan arus lebih karena adanya hubungan pendek. Dengan demikian prinsip dasar bekerjanya yaitu untuk pemutusan hubungan yang disebabkan beban lebih dengan relai arus lebih seketika digunakan electromagnet. 


 
 
 
  • Cara Kerja MCB
Bila bimetal ataupun electromagnet bekerja, maka ini akan memutus hubungan kontak yang terlertak pada pemadam busur dan membuka saklar.MCB untuk rumah seperti pada pengaman lebur diutamakan untuk proteksi hubungan pendek, sehingga pemakaiannya lebih diutamakan untuk mengamankan instalasi atau konduktornya.Sedang MCB pada APP iutamakan sebagai pembawa arus dengan karakteristik CL (current limiter) disamping itu juga sebagai gawai pengaman arus hubung pendek yang bekerja seketika.

  • Fitting
Fitting atau dudukan lampu adalah suatu alat untuk menghubungkan lampu dengan kawat-kawat jaringan listrik secara aman. 



 
 
 
  • Cara Kerja Fitting
Ketika lampu di masukkan dengan cara diputar ke dalam fitting maka lampu akan terhimpit oleh kawat-kawat jaringan listrik , Bila Saklar di ON kan maka akan ada aliran listrik dari sumber listrik ke lampu melalui saklar, sehingga lampu akan menyala.


1 komentar :

Achin mengatakan...

Cie posting di blog lagi wkwk

Posting Komentar